Jumat, 07 Februari 2014

Uji Coba Timnas Indonesia U23 vs Argentina Maret 2014 Dibatalkan

Tim Nasional Indonesia U-23  direncanakan akan menjalani laga uji coba kontra Argentina U-23 pada 4 Maret 2014 di Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia U23, Aji Santoso, pun berencana memanggil 28 pemain untuk menghadapi laga melawan Argentina tersebut.

Aji akan segera mempersiapkan tim yang akan dikirim ke Asian Games 2014 di Korea Selatan pada bulan September 2014  mendatang. Laga melawan Argentina adalah salah satu rangkaian ujicoba yang akan dilakoni tim Garuda Muda.

Namun, Aji belum dapat memastikan kota mana yang akan dipilih untuk menjamu tim asal Amerika Latin tersebut. "Idealnya, sebelum Asian Games, uji coba harus dilakukan sebanyak 15-20 kali, ujarnya.

Ujicoba timnas U-23 menghadapi Argentina dipastikan batal. Sebagai gantinya, PSSI akan mencari negara lain dari Asia Tenggara untuk dihadapkan dengan 'Garuda Muda'.

Pembatalan laga ujicoba dengan Argentina terjadi karena mereka menolak mempertemukan tim U-23-nya dengan 'Garuda Muda'. Demikian diungkapkan Sekjen PSSI, Joko Driyono, di Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Pada awalnya ujicoba Indonesia vs Argentina diperuntukkan bagi tim senior. Namun rencana tersebut batal karena pihak Argentina meminta laga digelar pada 5 Maret, sementara Indonesia masih harus bertanding menghadapi Arab Saudi di Jeddah sebagai rangkaian Kualifikasi Piala Asia.

Karena timnas senior tak memungkinkan, PSSI lantas mengajukan usulan untuk mempertemukan timnas U-23 kedua negara. Ide tersebut kini ditolak Argentina.

"Diskusi dengan Argentina itu menyangkut siapa lawan dan harinya. Kami punya opsi bahwa tim yang akan berangkat ke Arab Saudi menggunakan tim seadanya, karena sudah tidak penentuan lagi. Jadi lawan Argentina diisi oleh pemain yang disiapkan untuk timnas baru. Tapi semestinya itu bukan jadi pilihan, karena setiap pertandingan harusnya diisi dengan pemain-pemain terbaik," sahut Joko Driyono.

"Makanya‎ lawan Argentina juga tidak memberikan tim terbaik. Itu tidak masuk akal. Akhirnya, kami putuskan untuk membatalkan uji coba tersebut," terang Joko ketika ditemui di kantor PSSI, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Sebagai gantinya, PSSI sudah menjajaki tim lain sebagai lawan tanding pengganti. Rencananya, Timnas U-23 akan menghadapi tim dari Asia Tenggara.

"Kami sedang menjajaki opsi pertandingan dengan negara lain. Lawannya bisa dari Asia Tenggara, kemungkinan tandingnya 6 Maret 2014. Untuk kepastiannya, minggu depan akan kita umumkan," tutupnya.(http://sport.detik.com)